Mungkin masih banyak pebisnis atau pengusaha yang belum menerapkan sistem ini. memang ini bukan sebuah sistem tapi menurut saya ini suatu prinsip yang patut dijadikan pertimbangan bagi mereka yang sudah atau mau memulai sebuah usaha

kebanyakan orang berusaha untuk mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya, tidak sedikit pula dari mereka yang lupa untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan bertanggung jawab terhadap bisnis yang mereka lakukan maupun para klien mereka. mungkin ini salah satu penyebab kurang berkembangnya usaha-usaha baik skala nasional maupun internasional di Indonesia.

sebenarnya saya juga sedang belajar menerapkan prinsip ini. dengan keuntungan sedikit tapi kita bisa berusaha untuk menjual barang atau jasa yang kita tawarkan secara kontinu lebih baik daripada untuk banyak dalam satu waktu tertentu. menurut saya untung itu perhitungannya bukan melalu besaran uang yang kita dapatkan dari selisih produksi dan penjualan tapi perbandingan persenan yang kita dapat dari nilai produksi dan penjualan itu sendiri (menurut pendapat saya loh).

jika kita melakukan usaha dengan penuh tanggung jawab, menomorsatukan pelayanan dan kualitas, dengan keuntungan sedikit (tapi tentunya menutup biaya produksi) pasti orang akan datang kita untuk melakukan kerjasama dan kita bisa mendapatkan kepercayaan untuk melakukan kerjasama tersebut dalam jangka waktu yang tidak sebentar. 😀

About Adhi Tejo Dwicahyo

motivating through experience

Leave a comment